Selasa, 25 April 2017

5 Manfaat Daun Randu Yang Berguna Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Daun Randu Yang Berguna Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Daun Randu Yang Berguna Untuk kesehatan Tubuh-Mungkin tak pernah terpikir oleh anda sebelumnya bahwa daun randu atau kapuk bisa berguna untuk kesehatan, dan juga pengobatan. Karena Anda hanya bisa mengenal bahwa pohon ini menghasilkan kapuk, yang mana banyak digunakan dalam produksi kasur dan juga bantal.

Lalu apa manfaat daun Randu untuk kesehatan tubuh ??? bagi Anda yang penasaran dengan khasiat daun Randu ini, bisa menyimak uraian singkat dibawah ini


randu atau yang dikenal dengan pohon kapuk ini mempunyai nama latin yaitu, Ceiba Pentandra tanaman ini berasal dari Negara karibia dan juga daerah Amerika. Di daerah pulau jawa tanaman ini disebutnya kapuk, tetapi kalau di Madura mereka menyebutnya kapok, sedangkan randu sendiri adalah nama bahasa indonesianya.

Tinggi Pohon Randu bisa mencapai 30 meter, sedangkan bentuk daunnya sendiri adalah majemuk, berjari, berbentuk lonjong memanjang, dengan pangkal tumpul dan ujungnya yang runcing, Adapun bentuk bunga nya seperti menyerupai lonceng, berwarna putih kekuningan serta tumbuh  pada ketiak daun dan ujung batang, buahnya bulat memanjang berwarna hijau pada saat muda dan berwarna coklat ketika sudah mengering. Nah, buahnya inilah yang umumnya sering kali dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kasur ataupun bantal.

Kandungan atau Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan

  • Manfaat Daun Randu Untuk Rambut
Jika anda saat ini tengah mengalami rambut rontok dan ingin menumbuhkan nya lagi, Anda bisa memanfaatkan daun randu untuk menyuburkan nya kembali, Caranya cukup mudah. Rebus 10 helai daun randu dengan menggunakan 200cc air hingga mendidih, sesudah dingin segera menyaringnya, setelah itu oleskan pada area kepala dan rambut secara merata. Setelah 15-20 menit anda bisa langsung membilasnya, cara ini sangat cocok jika dilakukan sebelum keramas memakai shampo
  • Manfaat Daun Randu untuk Mengobati Batuk
Cara membuatnya, siapkan terlebih dahulu 2  helai daun yang telah dicuci bersih dan tumbuk hingga halus, kemudian diseduh dengan air sebanyak 150cc, aduk lalu disaring. Konsumsi air daun randu ini 2kali sehari secara teratur hingga gejala batuk anda mereda.
  • Manfaat Daun Randu Untuk Mata 
Jika Anda saat ini tengah mengalami sakit mata Anda bisa memanfaatkan daun randu untuk mengobatinya. Caranya mudah cukup dengan  meremas-remas daun randu yang telah di bersihkan sebelumnya pada air secukupnya kemudian saring dan Tempatkan air saringan tersebut pada wadah yang besar (seperti baskom), kemudian celupkan mata anda pada air tersebut sambil berkedip-kedip. 
  • Manfaat Daun Randu untuk Mengobati Diare
Cara memanfaatkannya yaitu dengan menyiapkan 3 helai daun randu dan rebus menggunakan 250cc air hingga mendidih, sesudah dingin anda dapat menambah sedikit garam kedalamnya, Minum ramuan ini 3x sehari hingga diare yang anda derita sembuh.
  • Manfaat Daun Randu Untuk Mengobati Panas Dalam
Cara membuatnya adalah siapkan terlebih dahulu 5 helai daun randu yang telah dicuci bersih sebelumnya, Setelah itu remas dengan menggunakan 500cc air matang, setelah daun randu menjadi lumat, kemudian saring dan sajikan dalam gelas Anda bisa menambahkan gula merah untuk mengurangi rasa pahitnya. Konsumsi obat alami panas dalam ini 3x sehari secara teratur 

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan seputar 5 manfaat daun randu yang berguna untuk kesehatan Tubuh. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda seputar herbal. Salam sehat 

Baca juga artikel lainnya disini 

Posted by : Sehat Itu Indah 

1 komentar:

  1. Ternbyata tanaman randu ini banyak sekali ya manfaatnya, makasih banyak

    BalasHapus